No.
|
Aspek
|
Definisi
|
Aplikasi
|
1.
|
Strategi Pemasaran
|
Merupakan
suatu cara dimana seseorang atau organisasi menyusun langkah – langkah atau
kegiatan – kegiatan atau pekerjaan – pekerjaan yang harus dilakukan guna
tercapainya suatu tujuan.
|
-
Membagi segmen pasar sesuai dengan planning dan
produk yang dijual.
-
Promosi awal secara besar – besaran dengan tujuan
untuk memperkenalkan produk dan membentukj image produk dibenak konsumen.
|
-
Segmenting
|
Melihat
pasar secara kreatif merupakan seni mengidentifikasi dan memanfatkannya
peluang – peluang yang muncul dipasar. Memandang pasar berdasarkan variable
geografis, demografis , psychografis
dan perilaku.
1)
Segmentasi geografis yaitu pembagian pasar menjadi
berbagai unit geografis seperti Negara , Negara Bagian , Wilayah , Kabupaten
, Kota , atau lingkungan sekitar.
2)
Segmentasi Demografis yaitu membagi pasar menjadi
kelompok – kelompok berdasarkan variable seperti usia , ukuran keluarga ,
siklus hidup keluarga , jenis kelamin , penghasilan, pekerjaan , pendidikan ,
agama , ras , generasi , kebangsaan , dan kelas sosial.
3)
Segmentasi Psychografis yaitu membagi pasar atau
konsumen berdasarkan sifat psikologis / kepribadian , gaya hidup , atau
nilai.
4)
Segmentasi Perilaku yaitumembagi pasar atau
konsumen berdasarkan pengetahuan , sikap , penggunaan , atau respons terhadap
suatu produk.
|
-
Segmentasi geografis
Saya akan membuka usaha cafe “ wajanda
“ dikemang jakarta.
-
Segmentasi demografis
Cafe “wajanda” dibuat untuk segmen
pasar semua usia , namun untum lebih spesifiknya adalah anak muda , mahasiswa
dan eksekutif muda.
-
Segmentasi Psychografis
Cafe “wajanda” ini dikhusukan untuk
orang yang gemar hangout.
|
|
-
Targetting
|
Merupakan
sebuah sasaran , siapa yang dituju. Dalam menentukan targetting maka
dilakukan beberapa survei untuk dapat mengetahui keadaan pasar.
|
Lebih
kepada anak muda seperti mahasiswa / mahasiswi dan eksekutif muda.
Dan
karena lokasi kemang Jakarta yang terkenal sebagai tempat hangout atau
nongkrong anak – anak muda seperti mahasiswa atau eksekutif muda.
|
|
-
Positioning
|
Image atau citra yang terbentuk
dibenak seorang konsumen dari sebuah nama perusahaan atau produk. Positioning
adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan
produk pesaing.
|
Cafe
Wajanda ini dibuat berdasarkan konsep modern namun tidak meninggalkan hal
utamanya yaitu tetap menghadirkan jajanan khas tradisional budaya Indonesia
berdasarkan Kota dengan cita rasa tradisional yang masih kental.
|
|
2.
|
CRM ( Customer RelationShip )
|
Sebuah sistem informasi yang
terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan , dan
mengendalikan aktivitas – aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam
sebuah orgnisasi.
CRM meliputi aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat
ini.
|
Lebih
kepada dengan membuat suatu seperti kuisioner dimana diharapkan dalam hal ini
dapat membantu perusahaan dalam mengetahui kepuasaan konsumen terhadap produk
dan pelayanan dari usaha yang dijalankan.
|
3.
|
Bauran Pemasaran
|
Merupakan
suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi
perusahaan dan semua ini ditunjukan untuk memberikan kepuasaan kepada segmen
pasar atau konsumen yang dipilih.
|
Hal
ini dapat membatu perusahaan dengan lebih mudah dalam mengkategorikan
konsumen. Dimulai dari product , price , place , promotion , psychal evidence
, people , process.
|
-
Product
|
Segala
sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk diperhatikan, diperoleh ,
digunakan, atau dipasarkan meliputi barang – barang fisik dll.
|
Produk
yang ditawarkan berupa jajanan khas tradisional Indonesia yang dituangkan
kedalam sebuah bisnis Cafe dengan konsep modern.
|
|
-
Price
|
Mempengaruhi
tingkat penjualan,tingkat keuntungan , serta share pasar yang didapat oleh
perusahaan.
|
Harga
yang ditawarkan tentunya sedikit berbeda (mahal) dibandingkan pada umumnya ,
namun harga tersebut masih dapat terjangkau oleh segmen pasar yang telah
ditetapkan yaitu berkisar Rp.10.000,00 – Rp.160.000,00.
|
|
-
Place
|
Merupakan
gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran distribusi.
|
Tempat
yang dipilih adalah tempat dimana memang terkenal dengan tempat hangout
segmen pasar usaha yang dijalankan.
|
|
-
Promotion
|
1.
Advertising adalah penyajian materi secara persuasif
keada publik melalui media masa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau
jasa.
2.
Personal Selling adalah komunikasi langsung (tatap
muka) dengan konsumen dengan tujuan menawarkan langsung produk yang kita
jual.
3.
Sales Promotion adalah merupakan suatu bujukan
langsung yang menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk pada
sales force , distributor , atau konsumen langsung dengan tujuan utama yaitu
menciptakan penjualan yang segera.
4.
PR (Public Relation) adalah usaha yang
direncanakan secara terus – menerus dengan sengaja , guna membangun dan
mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya.
5.
Direct Marketing adalah sistem pemasaran yang
bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan
respon yang teruput dan atau transaksi disembarang lokasi.
6.
Online Marketing adalah segala usaha yang
dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa menggunakan media
internet atau jaringan www
|
-
Promosi yang dilakukan untuk tahap awal adalah
dengan adanya promo setengah harga ketika pembukaan awal usaha selama 2 ( dua
) hari.
-
setelah itu pemakaian brosur dan spanduk atau
banner dipilih untuk mempromosikan usaha
-
promosi melalui media teknologi seperti facebook ,
bbm ,twitter dan web / blog.
-
Adanya diskon 10% untuk setiap konsumen yang
mention twitter usaha yang dijalankan.
-
Promosi dari mulut ke mulut dengan meningkatkan
kualitas produk dan pelayanan / service.
|
|
-
Phsycal Evidence
|
Merupakan
suatu hal yang mempengaruhi kepuasaan konsumen untuk membeli dan menggunakan
barang atau jasa yang ditawarkan.
|
Dengan
menghadirkan hidangan berupa jajanan unik dan khas yang ada di pinggir jalan
namun dalam hal ini disajikan dengan lebih modern namun tetap menghadirkan
cita rasa yang tradisional.
Dan
konsep cafe yang bernuansa tradisional modern namun dominan tradisional
dengan kostum karyawan yang sederhana namun tradisional modern.
|
|
-
People / Participant
|
Merupakan
karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan , atau orang – orang yang
terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu
sendiri.
|
Orang
– orang yang bekerja atau karyawan tidak dituntut dari segi pendidikan ,
namun lebih kepada skill.
|
|
-
Proscess
|
Kegiatan
yang menunjukan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama
melakukan pembelian barang.
|
Memberikan
pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen dengan inisiatif dari karyawan itu
sendiri tanpa menunggu adanya konsumen untuk melakukan proses order, dan
karyawan yang selalu ramah dan disertai pula kualitas produk makanan yang
disajikan hendaknya harus diperhatikan kembali ketika akan diantarka kepada
konsumen.
|
|
4.
|
Product Life Cycle
|
Suatu
konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu
produk.dimana didalam product life cycle tersebut terdapat :
-
Introduce ( Pengenalan )
Periode pertumbuhan penjualan lambat
ketika produk diperkenalkan di pasar. Tidak ada laba karena pengeluaran yang
besar untuk pengenalan produk
-
Growt ( Pertumbuhan )
Periode penerimaan pasar yang cepat
dan peningkatan laba yang substansial.
-
Kedewasaan
Penurunan pertumbuhan penjualan karena
produk telah diterima oleh sebagian besar pembeli potensial. Laba stabil atau
turun karena persaingan meningkat.
-
Decline ( Penurunan )
Penjualan memperlibatkan penurunan dan
laba terkikis.
|
Pada
tahap pengenalan , produk diperkenalkan kepada konsumen secara besar –
besaran. Hal ini terkait karena ingin menciptakan brand image produk dibenak
konsumen.
Pada tahap growt produk yang dijual ternyata
telah berhasil diterima dengan baik oleh konsumen dan berdampak pada
peningkatan laba yang diperoleh tentunya meningkat. Hal ini dilakukan ketika
produk kami berhasil diterima di masyarakat, kami kemudian melakuan promosi
harga hal ini guna untuk memberikan kepuasaan pelanggan ketika telah berhasil
menciptakan brand image.
|
5.
|
Perilaku Karyawan
|
Tingkah
laku yang tidak didapat dari luar , misalnya keinginan untuk pindah dan ada
yang dengan jelas dilihat dari luar , misalnya perputaran tenaga kerja dan
ketidakhadiran.
Faktor
– faktor yang mempengaruhi perilaku karyawan :
-
Gaji
-
Produktivitas misalnya jumlah pekerjaan yang mampu
dikerjakan karyawan dalam jangka waktu tertentu.
-
Target waktu misalnya waktu rata – rata yang
digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan
-
Pelayanan yang tepat waktu dan berkualitas
-
Tingkat keterampilan pendidikan yang sesuai dengan
bidang kerja atau kemampuan karyawan
-
Kehadiran / keterlambatan
-
Jenjang karir
|
Lebih
memotivasi karyawan untuk bekerja dan memberikan kebutuhan yang memang
menjadi hak sebagai seorang karyawan , misalnya adanya outing , libur Idul
fitri atau natal , pengajuan cuti.
Pemberian
gaji yang sesuaipun turut dipertimbangkan karena hal ini memang hak karyawan
dan disesuaikan dengan ketetapan pemerintah dalam menetapkan gaji tentunya
jika hal ini direalisasikan tentunya dengan memperhatikan pendapatan usaha
yang dijalankan.
Hal
tersebut dilakukan guna mempertahankan karyawan agar tetap bekerja di
perusahaan.
|
6.
|
Keputusan Pelanggan
|
1.
Attention merupakan suatu perhatian dari konsumen
terhadap produk.
2.
Interest merupakan suatu ketertarikan konsumen
terhadap produk.
3.
Desire merupakan minat atau keinginan yang muncul
atau reaksi untuk melakukan pembelian produk setelah Attention dan Interest.
4.
Action merupakan tindakan atau keputusan dimana
konsumen memutuskan untuk membeli atau tidak.
5.
Puas yaitu dimana konsumen merasa puas dengan
produk atau jasa yang dibeli.
6.
Loyal merupakan suatu reaksi konsumen dimana
ketika merasa puas akan suatu produk atau jasa yang diterimanya kemudian
konsumen itu memutuskan untuk melakukan pembelian ulang.
|
Produk yang
ditawarkan terbilang berbeda dari jenis usaha pesaing sehingga memberikan
ketertarikan tersendiri bagi konsumen.
Dan konsumen
atau pelanggan reguler atau potensial merupakan aset yang harus dijaga atau
dipertahankan dan diberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik.
|
Sumber : www.farahnabilah12.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar