No
|
Aspek
|
Definisi
|
Aplikasi
Dalam Usaha
|
1
|
Inventory
(persediaan)
|
Merupakan
fungsi dari manajer operasional, dan harus membentuk suatu sistem yang
permanen melalui pengujian-pengujian, antara lain bagaimana persediaan di
klasifikasi dan bagaimana mencatat persediaan dan dipelihara secara akurat.
|
Dalam
penyediaan persediaan bahan baku, saya tlah memiliki toko langganan
tersendiri yang merupakan tetangga dekat Rumah. Pembelian persediaan
dilakukan secara berskala dan membeli Bahan yang dibutuhkan saja tuk membuat
suatu kue tertentu.
|
a. FIFO
(First
In First Out)
|
Merupakan
laporan pencatatan persediaan barang yang pertama datang (Masuk) dan akan di
keluarkan pertama kali juga (di jual atau di gunakan).
|
Persediaan
bahan yang saya pakai adalah bahan-bahan yang saya beli kemarin atau 2 hari
sebelum pembuatan produk. Dan bahan yang telah saya pkai sebelunnya.
|
|
b. LIFO
(Last
In First Out)
|
Merupakan
laporan pencatatan persediaan barang yang Datang (Masuk) dan akan di
keluarkan di akhir (di jual atau di gunakan).
|
||
2
|
SCM
(Supply
Chain Management)
|
Merupakan
salah satu factor dari input proses konversi, baik untuk usaha manufaktur,
atau jasa pelayanan, akan menjadi penentu dalam pemenuhan permintaan pasar.
|
Penyediaan
bahan baku saya dapatkan dari pemasok tertentu, dalam pemesana bahan dapat
dilakukan sendiri dengan datang ke supplier tersebut, karena jarak yang dekat
dari Rumah.
|
3
|
TQM
(Total Quality Management)
|
Merupakan
komitmen perusahaan untuk memberikan yang terbaik bagi
pelanggan-pelanggannya.
|
Produk
yang saya tawarka adalah kualitasnya, kebersihan dari pembuatan produk dan
dapat dikomsumsi dalam jumlah banyak (tidak berahaya). Maka dari itu
pemakaian bahan baku dan proses pembuatan sangat dijaga kebersihan dan
kualitas produk yang dipakai.
|
4
|
Forecasting
|
Forecasting
atau peramalan merupakan penggunaan data untuk menguraikan kejadian yang akan
datang di dalam menentukan sasaran yang dikehendaki.
|
Dalam
pembuatan produk, saya lebih menerima pesanan terlebih dahulu - baru saya
akan membuat pesanan tersebut. Sama halnya dengan Tester yang saya bagikan.
Saya melakukan hal ini Untuk mempertahankan Daya tahan produk serta Kualitas
Rasa pada Kue-kue Usaha saya (Anggun Cookies).
|
5
|
Layout
|
Tata
letak (Layout) atau sususnan letak fasilitas operasional perusahaan, baik
yang ada didalam bangunan maupun diluar. Layout yang tepat menunjukan
ciri-ciri adanya penyesuaian tata letak fasilitas operasional terhadap jenis
produk dan proses konversi. Pengaruh layout yang tepat bagi perusahaan adalah
peningkatan produktivitas perusahaan.
|
Blum
memiliki Toko sendiri, masih usaha Rumahan.
|
6
|
MRP
|
Merupakan
system operasional dalam perencanaan persediaan bahan dan komponen yang
dibutuhkan dalam proses konversi secara otomatis menjadi fungsi pengawasan
persediaan.
|
Pembelian
persediaan secara pesanan konsumen dan memiliki Tempat sendiri dalam penyimpanan
bahan tersebut.
|
7
|
Kapasitas
|
Tingkat
output yang berkaitan dengan total biaya rata-rata jangka pendek yang
minimum.
|
Pembelian
bahan baku saat ini masih terbatas. Dengan pendapatan Rata-rata yang baik.
|
8
|
Produktivitas
|
Merupakan
ratio dari masukan output kepada keluaran input.
Rumus
produktivitas:
|
Produktivitas
berdasarkan Pesanan Konsumen.
|
9
|
Pengembangan
Produk
|
System
pengembangan produk dapat dilihat dari strategi produk yang paling efektif
yang berkaitan dengan keputusan produk yang menyangkut arus kas, dinamika
pasar, siklus kehidupan produk, serta kapasitas organisasi. Pengembangan
produk dapat dilakukan apabila peusahaan dapat menciptakan segmen pasar yang
baru serta kebutuhan yang berkaitan dengan Sumber daya yang tersedia.
|
Usaha
yang sedang dijalankan saat in sedang dalam perkenalan Produk.
|
Sumber : Arfanianggun21.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar