Sabtu, 02 November 2013

Manajemen Pemasaran dan Aplikasi



No.
Aspek
Definisi
Aplikasi
1.
Strategi Pemasaran
Merupakan suatu cara dimana seseorang atau organisasi menyusun langkah – langkah atau kegiatan – kegiatan atau pekerjaan – pekerjaan yang harus dilakukan guna tercapainya suatu tujuan.
-          Membagi segmen pasar sesuai dengan planning dan produk yang dijual.
-          Promosi awal secara besar – besaran dengan tujuan untuk memperkenalkan produk dan membentukj image produk dibenak konsumen.

-          Segmenting
Melihat pasar secara kreatif merupakan seni mengidentifikasi dan memanfatkannya peluang – peluang yang muncul dipasar. Memandang pasar berdasarkan variable geografis, demografis , psychografis  dan  perilaku.
1)      Segmentasi geografis yaitu pembagian pasar menjadi berbagai unit geografis seperti Negara , Negara Bagian , Wilayah , Kabupaten , Kota , atau lingkungan sekitar.
2)      Segmentasi Demografis yaitu membagi pasar menjadi kelompok – kelompok berdasarkan variable seperti usia , ukuran keluarga , siklus hidup keluarga , jenis kelamin , penghasilan, pekerjaan , pendidikan , agama , ras , generasi , kebangsaan , dan kelas sosial.
3)      Segmentasi Psychografis yaitu membagi pasar atau konsumen berdasarkan sifat psikologis / kepribadian , gaya hidup , atau nilai.
4)      Segmentasi Perilaku yaitumembagi pasar atau konsumen berdasarkan pengetahuan , sikap , penggunaan , atau respons terhadap suatu produk.
-          Segmentasi geografis
Saya akan membuka usaha cafe “ wajanda “ dikemang jakarta.
-          Segmentasi demografis
Cafe “wajanda” dibuat untuk segmen pasar semua usia , namun untum lebih spesifiknya adalah anak muda , mahasiswa dan eksekutif muda.
-          Segmentasi Psychografis
Cafe “wajanda” ini dikhusukan untuk orang yang gemar hangout.


-          Targetting
Merupakan sebuah sasaran , siapa yang dituju. Dalam menentukan targetting maka dilakukan beberapa survei untuk dapat mengetahui keadaan pasar.
Lebih kepada anak muda seperti mahasiswa / mahasiswi dan eksekutif muda.
Dan karena lokasi kemang Jakarta yang terkenal sebagai tempat hangout atau nongkrong anak – anak muda seperti mahasiswa atau eksekutif muda.

-          Positioning
Image atau citra yang terbentuk dibenak seorang konsumen dari sebuah nama perusahaan atau produk. Positioning adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing.
Cafe Wajanda ini dibuat berdasarkan konsep modern namun tidak meninggalkan hal utamanya yaitu tetap menghadirkan jajanan khas tradisional budaya Indonesia berdasarkan Kota dengan cita rasa tradisional yang masih kental.
2.
CRM ( Customer RelationShip )
Sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan , dan mengendalikan aktivitas – aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah orgnisasi. CRM meliputi aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini.
Lebih kepada dengan membuat suatu seperti kuisioner dimana diharapkan dalam hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengetahui kepuasaan konsumen terhadap produk dan pelayanan dari usaha yang dijalankan.
3.
Bauran Pemasaran
Merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan dan semua ini ditunjukan untuk memberikan kepuasaan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih.
Hal ini dapat membatu perusahaan dengan lebih mudah dalam mengkategorikan konsumen. Dimulai dari product , price , place , promotion , psychal evidence , people , process.

-          Product
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk diperhatikan, diperoleh , digunakan, atau dipasarkan meliputi barang – barang fisik dll.
Produk yang ditawarkan berupa jajanan khas tradisional Indonesia yang dituangkan kedalam sebuah bisnis Cafe dengan konsep modern.

-          Price
Mempengaruhi tingkat penjualan,tingkat keuntungan , serta share pasar yang didapat oleh perusahaan.
Harga yang ditawarkan tentunya sedikit berbeda (mahal) dibandingkan pada umumnya , namun harga tersebut masih dapat terjangkau oleh segmen pasar yang telah ditetapkan yaitu berkisar Rp.10.000,00 – Rp.160.000,00.

-          Place
Merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran distribusi.
Tempat yang dipilih adalah tempat dimana memang terkenal dengan tempat hangout segmen pasar usaha yang dijalankan.

-          Promotion
1.      Advertising adalah penyajian materi secara persuasif keada publik melalui media masa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa.
2.      Personal Selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) dengan konsumen dengan tujuan menawarkan langsung produk yang kita jual.
3.      Sales Promotion adalah merupakan suatu bujukan langsung yang menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk pada sales force , distributor , atau konsumen langsung dengan tujuan utama yaitu menciptakan penjualan yang segera.
4.      PR (Public Relation) adalah usaha yang direncanakan secara terus – menerus dengan sengaja , guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya.
5.      Direct Marketing adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang teruput dan atau transaksi disembarang lokasi.
6.      Online Marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa menggunakan media internet atau jaringan www
-          Promosi yang dilakukan untuk tahap awal adalah dengan adanya promo setengah harga ketika pembukaan awal usaha selama 2 ( dua ) hari.
-          setelah itu pemakaian brosur dan spanduk atau banner dipilih untuk mempromosikan usaha
-          promosi melalui media teknologi seperti facebook , bbm ,twitter dan web / blog.
-          Adanya diskon 10% untuk setiap konsumen yang mention twitter usaha yang dijalankan.
-          Promosi dari mulut ke mulut dengan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan / service.

-          Phsycal Evidence
Merupakan suatu hal yang mempengaruhi kepuasaan konsumen untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
Dengan menghadirkan hidangan berupa jajanan unik dan khas yang ada di pinggir jalan namun dalam hal ini disajikan dengan lebih modern namun tetap menghadirkan cita rasa yang tradisional.
Dan konsep cafe yang bernuansa tradisional modern namun dominan tradisional dengan kostum karyawan yang sederhana namun tradisional modern.

-          People / Participant
Merupakan karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan , atau orang – orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri.
Orang – orang yang bekerja atau karyawan tidak dituntut dari segi pendidikan , namun lebih kepada skill.

-          Proscess
Kegiatan yang menunjukan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang.
Memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen dengan inisiatif dari karyawan itu sendiri tanpa menunggu adanya konsumen untuk melakukan proses order, dan karyawan yang selalu ramah dan disertai pula kualitas produk makanan yang disajikan hendaknya harus diperhatikan kembali ketika akan diantarka kepada konsumen.
4.
Product Life Cycle
Suatu konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu produk.dimana didalam product life cycle tersebut terdapat :
-          Introduce ( Pengenalan )
Periode pertumbuhan penjualan lambat ketika produk diperkenalkan di pasar. Tidak ada laba karena pengeluaran yang besar untuk pengenalan produk
-          Growt ( Pertumbuhan )
Periode penerimaan pasar yang cepat dan peningkatan laba yang substansial.
-          Kedewasaan
Penurunan pertumbuhan penjualan karena produk telah diterima oleh sebagian besar pembeli potensial. Laba stabil atau turun karena persaingan meningkat.
-          Decline ( Penurunan )
Penjualan memperlibatkan penurunan dan laba terkikis.

Pada tahap pengenalan , produk diperkenalkan kepada konsumen secara besar – besaran. Hal ini terkait karena ingin menciptakan brand image produk dibenak konsumen.




 Pada tahap growt produk yang dijual ternyata telah berhasil diterima dengan baik oleh konsumen dan berdampak pada peningkatan laba yang diperoleh tentunya meningkat. Hal ini dilakukan ketika produk kami berhasil diterima di masyarakat, kami kemudian melakuan promosi harga hal ini guna untuk memberikan kepuasaan pelanggan ketika telah berhasil menciptakan brand image.

5.
Perilaku Karyawan
Tingkah laku yang tidak didapat dari luar , misalnya keinginan untuk pindah dan ada yang dengan jelas dilihat dari luar , misalnya perputaran tenaga kerja dan ketidakhadiran.
Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku karyawan :
-          Gaji
-          Produktivitas misalnya jumlah pekerjaan yang mampu dikerjakan karyawan dalam jangka waktu tertentu.
-          Target waktu misalnya waktu rata – rata yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan
-          Pelayanan yang tepat waktu dan berkualitas
-          Tingkat keterampilan pendidikan yang sesuai dengan bidang kerja atau kemampuan karyawan
-          Kehadiran / keterlambatan
-          Jenjang karir

Lebih memotivasi karyawan untuk bekerja dan memberikan kebutuhan yang memang menjadi hak sebagai seorang karyawan , misalnya adanya outing , libur Idul fitri atau natal , pengajuan cuti.
Pemberian gaji yang sesuaipun turut dipertimbangkan karena hal ini memang hak karyawan dan disesuaikan dengan ketetapan pemerintah dalam menetapkan gaji tentunya jika hal ini direalisasikan tentunya dengan memperhatikan pendapatan usaha yang dijalankan.
Hal tersebut dilakukan guna mempertahankan karyawan agar tetap bekerja di perusahaan.
6.
Keputusan Pelanggan
1.      Attention merupakan suatu perhatian dari konsumen terhadap produk.
2.      Interest merupakan suatu ketertarikan konsumen terhadap produk.
3.      Desire merupakan minat atau keinginan yang muncul atau reaksi untuk melakukan pembelian produk setelah Attention dan Interest.
4.      Action merupakan tindakan atau keputusan dimana konsumen memutuskan untuk membeli atau tidak.
5.      Puas yaitu dimana konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang dibeli.
6.      Loyal merupakan suatu reaksi konsumen dimana ketika merasa puas akan suatu produk atau jasa yang diterimanya kemudian konsumen itu memutuskan untuk melakukan pembelian ulang.
Produk yang ditawarkan terbilang berbeda dari jenis usaha pesaing sehingga memberikan ketertarikan tersendiri bagi konsumen.
Dan konsumen atau pelanggan reguler atau potensial merupakan aset yang harus dijaga atau dipertahankan dan diberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik.


 Sumber : www.farahnabilah12.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar