Sabtu, 16 November 2013

Sejarah Singkat mini Market

Sekilas tentang bagaimana sejarah minimarket ???
Negara pertama kali memperkenalkan moini market yaitu Amerika. Kemudian berkembangnya ke Eropa,Asia hingga ke seluruh penjuru dunia. Di asia, minimarket berkembang setelah perang dunia II. Negara yang memulaiinya Jepang, kemudian Korea, Taiwan, Hongkong, dan pada sekitar tahun 1970-an, mini market sampai ke Bangkok, Singapura, dan Indonesiamulai dari jakarta hingga menyebar keseluruh penjuru tanah air. Alhasil tidak pernah menemukan kesulitan untuk swalyan.
Pekembangnya minimarket tumbuh dalam berbagai model yang dibedakan atas luasnya,ragam, produknya, dan sistem transaksinya. bentuk bentuk minimarket General Marchandising Store, Hypermarket, Departemen Store, Were House Store, dst..
Mini market di Indonesia pada awalnya mengikuti gaya minimarket Amerika dengan ciri - ciri rak barang gondola tinggi lebar, dengan lay out dan dekorasi sederhana. Mulai tahun 1980 an trend minimarket di Jakrta mulai mengikuti ke Jepang dengan ciri lay out dan dekorasi smearak banyak hiasan menarik dengan gondala lebih pendek sesuai dnegan postur orang Asia pada umumnya.

Sumber : Drs. Pranowo Hadi. Buku Manajemen Mini Market

Tidak ada komentar:

Posting Komentar