Rabu, 16 Oktober 2013

10 Kunci Keberhasilan Bisnis Retail

Ada beberapa kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis retail, dan setiap pengusaha retail yang ingin sukses di pasar harus mememiliki kunci keberhasilan ini. Apalagi Indonesia akan menghadapi perdagangan bebas pada tahun 2015 yang akan datang, setiap pengusaha retail harus siap menghadapinya.Monica Lucas, seorang Direktur Pragma Consulting Inggris mengatakan bahwa ada 10 kunci kesuksesan dalam berbisnis retail, apa saja itu? Berikut ini adalah 10 kunci keberhasilan berbisnis retail:

1. Lokasi Strategis
Menurut Monica Lucas, kunci yang pertama dan yang utama adalah menemukan lokasi yang strategis dan sesuai dengan target market pasar bisnis kita. Hal ini berlaku untuk bisnis kecil dan menengah juga, terutama ketika bisnis mulai ekspansi ke luar negeri

2. Mampu Beradaptasi
Kunci yang kedua adalah kemampuan bisnis dalam beradaptasi dengan kondisi pasar yang ada. Pengusaha retail harus mau mendengarkan, dan mengerti akan kebutuhkan pelanggan mereka agar dapat beradaptasi dengan baik. Dengan karakteristik masyarakat di Indonesia yang beragam dengan berbagai suku dan agama, ini merupakan sebuah tantangan yang berat dan harus dihadapi.

3. Mampu Memprediksi
Perusahaan harus mampu memprediksikan kondisi pasar dan jangkauan di masa yang akan datang secara tepat. Ini sangat berkaitan dengan dalam memilih segmen pasar yang dipilih.

4. Memilih Media Pemasaran
Tidak semua bisnis dapat sukses dengan satu bentuk pemasaran saja. Perusahaan harus melakukan pemasaran dengan berbagai cara untuk menemukan media pemasaran yang paling tepat. Ada beberapa perusahaan yang sukses dengan media pemasaran konvensional namun ada banyak juga yang sukses dengan sistem pemasaran secara online. Dan bisa juga bila melakukan kedua media pemasaran tersebut (konvensional dan online) yang biasanya disebut dengan cross channel.

http://www.pengusaha.co/thread-280-10-kunci-keberhasilan-bisnis-retail.html

1 komentar: