Sabtu, 12 Oktober 2013

Database Pelanggan ( DBMS ) dan Format DBMS

Pengertian :
Database pelanggan merupakan daftar yang terdiri dari nama-nama pelanggan dimana marketer telah menambahkan informasi  tambahan sesuai dengan sistem yang mereka pilih. Daftar ini terdiri dari pelanggan aktif, pelanggan tidak aktif, inquirers  serta referrals. Database pelanggan merupakan kunci dalam membina hubungan dengan konsumen yang kuat serta retensi konsumen.
Manffat DBMS :
Database pelanggan dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan, diantaranya adalah :
1.Mendesain dan melaksanakan marketing campaign untuk mengoptimalkan eketifitas marketing.
2.  Mendesain dan melaksanakan costumer campaign yang spesifik seperti cross selling, up-selling, dan retensi.
3. Menilai respon costumer terhadap produk dan level service, misalnya seperti kenaikan harga, new product development, dan lainnya.
4. Mengambil keputusan manajemen seperti forecasting financial dan costumer profitability analysis.
5. Prediksi terhadap level defect yang tak diinginkan pelanggan.

Sumber:
Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, (2000)
Wikipedia
Spiller & Baier, (2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar