Pengertian :
Database pelanggan merupakan daftar yang terdiri dari
nama-nama pelanggan dimana marketer telah menambahkan informasi
tambahan sesuai dengan sistem yang mereka pilih. Daftar ini terdiri dari
pelanggan aktif, pelanggan tidak aktif, inquirers serta referrals.
Database pelanggan merupakan kunci dalam membina hubungan dengan
konsumen yang kuat serta retensi konsumen.
Manffat DBMS :
Database pelanggan dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan, diantaranya adalah :
1.Mendesain dan melaksanakan marketing campaign untuk mengoptimalkan eketifitas marketing.
2. Mendesain dan melaksanakan costumer campaign yang spesifik seperti cross selling, up-selling, dan retensi.
3. Menilai
respon costumer terhadap produk dan level service, misalnya seperti
kenaikan harga, new product development, dan lainnya.
4. Mengambil keputusan manajemen seperti forecasting financial dan costumer profitability analysis.
5. Prediksi terhadap level defect yang tak diinginkan pelanggan.
Sumber:
Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, (2000)
Wikipedia
Spiller & Baier, (2009)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar