Kamis, 31 Oktober 2013

Manajemen Keuangan dan aplikasi


NO
KONSEP
DEFINISI
APLIKASI
1
Akuntasi
Suatu system atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan
Pencatatan akuntansi menctata transaksi keluar dan masuk dari toko
( pembayaran faktur , pembayaran karcis , pembayaran kebutuhan operasiuonal )

-          Neraca
Laporan keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada waktu tertentu. Neraca menyajikan dalam data historikal aktiva yang merupakan sumber operasi perusahaan yang dijalankan, utang yaitu kewajiban perusahaan, dan modal dari pemegang saham perusahaan
Menyusun neraca pada periode tertentu untuk mengetahui sejauh mana kinerja toko kita.

-          Laporan laba rugi
Laporan keuangan yang berisikan informasi tentang keuntungan atau kerugian yang diderita oleh perusahaan dalam satu periode tertentu. Pada laporan ini menyajikan data pendapatan sebagai hasil usaha perusahaan dan beban sebagai pengeluaran operasional perusahaan.
Laporan laba rugi dilakukan satu bulan sekali . Semua penjualan setiap harinya dicatat dikurangi oleh beban – beban biaya – biaya yang dikeluarkan.

-          Cash flow
Cash flow (aliran kas) merupakan “sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan dengan kata lain adalah aliran kas yang terdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode.
Uang kas yang disimpan sebagai saldo awal , dan pemasukan pengeluaran dicatat jika terjadi transaksi.

-          Laporan perubahan modal
Laporan perubahan modal adalah laporan yang menyajikan perubahan modal setelah digunakan untuk membiayai kegiatan usaha perusahaan selama satu periode akuntansi.
Laporan perubahan modal digunakan untuk mengetahui berapa modal yang terpakai.
2
Mencari modal
Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan
Modal yang ada dalam aset berasal dari  modal sendiri dan modal hasil dari peminjaman dari bank.

-          Modal sendiri
Modal yang berasal dari diri sendiri .

-          Investor
orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.

-          Keluarga
Modal yang didapat dari keluarga .

-          Bank
Lembaga keuangan yang kelebihan dana menyalukan kepada yang kekurangan dana.
3
Mengelola Keuangan
Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
Keuangan yang dilakukan secara manual dengan dicatat keluar masuk nya keuangan.
4
Profit
sebagai selisih antara harga penjualan dengan biaya produksi. Perbedaan di antara keduanya adalah dalam hal pendefinisian biaya.
Menerapkan keuntungan yang diinginkan pada setiap produk yang di jual .
5
Cost Control
Pengendalian  merupakan  upaya memelihara ketentuan- ketentuan yang telah ditetapkan  agar tidak terjadi penyimpangan dalam operasional.
Cost control dilakukan oleh pemilik atau owner toko.
6
Bukti Pengeluaran



-          Kuitansi
Kuitansi adalah bukti penerimaan sejumlah uang yang ditandatangani oleh penerima uang dan diserahkan kepada yang membayar sejumlah uang tersebut.
Lembaran kuitansi terdiri dari 2 bagian, bagian sebelah kanan diberikan kepada pihak yang membayar dan bagian kiri yang tertinggal disebut soice (dibaca sus) sebagai arsip penerima uang.


Bukti – bukti pengeluaran yaitu berupa faktur pembelian , faktur penjualan , kuitansi dan  bukti – bukti biaya – biaya lain.

-          Faktur penjualan
Faktur Penjualan adalah tanda bukti telah terjadi penjualan secara kredit. Faktur dibuat oleh penjual dan diberikan kepada pihak pembeli. Bagi penjual faktur yang diterima disebut faktur penjualan. Biasanya faktur dibuat rangkap sesuai dengan kebutuhan. Lembaran pertama untuk pembeli, lembaran kedua untuk penjual dan lembaran ketiga untuk arsip. 



-          Faktur pembelian
Faktur Pembelian adalah tanda bukti telah terjadi pembelian secara kredit. Faktur dibuat oleh penjual dan diberikan kepada pihak pembeli. Bagi pembeli faktur yang diterima disebut faktur pembelian. Biasanya faktur dibuat rangkap sesuai dengan kebutuhan. Lembaran pertama untuk pembeli, lembaran kedua untuk penjual dan lembaran ketiga untuk arsip. 


7
Pay back periode
Menunjukan berapa lama ( dalam berapa tahun) suatu investasi akan bisa kembali .
Perputaran arus modal bias di perkirakan 1 tahun atau tergantung dengan nominal modal dan akan kembali balik modal.
8
Manajemen piutang
Piutang ialah sejumlah saldo yang akan diterima dari pelanggan akibat dari penjualan secara kredit.  Karena berbentuk penjualan kredit maka ada resiko yang tidak tertagih atau gagal bayar, maka dari itu perlu yang namanya manajemen piutang.  Manajemen piutang dimulai dengan keputusan perusahaan untuk memberikan kredit kepada pelanggan atau tidak
Manajemen piutang dicatat secara manual dan setiap 2 minggu sekali dihitung jumlah nominal piutang yang berada diluar atau yang masih piutang.
9
Analisis Dupont
Menurut A.J.Keown system rasio keuangan yang dirancangan untuk menyelidiki determinan rasio pengembalian ekuitas pemegang saham dan pengembalian aktiva.
Toko ini tidak melakukan analisis dupont


  
                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar