RENCANA DESAIN DAN PENGEMBANGAN
| |||
Tujuan Usaha Jangka Panjang
|
Visi untuk kedepan jangka panjang.
|
Membuka cabang – cabang , memperluas jaringan riteail .
| |
Strategi
| |||
Sasaran – sasaran dan Jadwal Pencapaian
|
Target yang ditentukan yang dibuat untuk program pencapaian sasaran atau targetting.
|
Jadwal operasional toko ini jam 02.30 WIB – 15.00 .
Sasaran konsumen yang berbelanja jam 03.00 WIB
| |
Evaluasi Resiko
|
Tujuan evaluasi risiko adalah memahami karakteristik risiko dengan lebih baik. Jika kita memahami risiko dengan lebih baik, maka risiko akan lebih mudah dikendalikan.
|
1. ResikoMurni
2. ResikoSpekualatif
3. Resiko Fundamental
4. Resiko internal
| |
Exit Plan
|
Mencari jalan keluar untuk masalah yang akan datang
|
Penambahan modal jika terjadi penyesutan atau untuk expansi toko dengan cara meminjam pada pihak Bank.
|
RENCANA OPERASI DAN MANAJEMEN
| |||
1
|
Fasilitas
|
Fasilitas yang dibutuhkan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan
|
Fasilitas yang disediakan untuk kegiatan operasional took dan kegiatan transaksi took bagi kenyaman konsumen yaitu menyediakan kursi tempat duduk untuk konsumen menunggu jika terjadi antrian atau ramai . Untu operasional took menyediakan atau menggunakan fasilitas mesin kasir, computer yang sudah deprogram untuk mempercepat proses transaksi .
|
2
|
Proses Produksi
|
Menurut Ahyari (2002) proses produksi adalah suatu cara, metode ataupun teknik menambah keguanaan suatu barang dan jasa dengan menggunakan faktor produksi yang ada.
|
Toko ini tidak memproduksi barang setengah jadi tetapi took ini menyediakan produk yang dikirim oleh supplier yang memang sudah melakukan pemesanan terlebih dahulu kepada supplier atau pemasok.
|
3
|
Pengendalian Persedian
|
Masalah yang dihadapi perusahaan yang harus memutuskan berapa banyak harus dipesan setiap kali pemesanaan untuk dapat memenuhi kebutuhan untuk produk – produknya.
|
Pengendalian persediaan di toko ini terjadi dari pihak supplier datang ke toko 2 minggu sekali untuk setiap pemesanan barang dan untuk pembayaran faktur. Jika terjadi kekosongan barang di toko owner akan mencari ke agen agen lain.
|
4
|
Pasokan dan Distribusi
|
Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan
|
Rantai pasokan distibusi di toko retail tradisional partai besar yaitu : Pabrik – distributor – Agen – Pedangang besar – Pengecer – Konsumen .
|
5
|
R&D Pengembangan Produk
|
suatu usaha yang dilakukan perusahaan melalui perbaikan bentuk, penyederhanaan, pembentukan kembali, menambah desain atau model dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan.
|
Untuk meningkatkan kepuasaan konsumen owner melakukan pengawasan produk yang sudah kadaluarsa atau rijek (rusak). Pengembangan produk dengan cara controlling dapat memperkecil suatu komplain dari konsumen pengembangan produk itu untuk menjaga kualitas produk produk yang di jual.
|
6
|
Kontrol Keuangan
|
Mengevaluasi kegiatan data keuangan untuk memperkecil resiko yang akan terjadi.
|
Manajemen keuangan ini masih bersifat konvensional atau tradisional belum terkomputerisasi. Manajemen keuangan ini dilakukan untuk melakukan pengawasaan dan sebagai fungsi pendanaan kas yang ada di toko.
|
7
|
Tim Manajemen
|
Suatu tim yang dibuat untuk sebagai perencanaan , pengorganisasian , pelaksanaan dan controlling atau ( POAC)
|
Tim manajemen dibuat semua keputusan dilakukan oleh owner saja.
|
8
|
Konsultan
|
Konsultan (istilah alternatif: pakar runding) adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, dan lain-lain.
|
Toko ini berbadan hokum karena melakukan perizinan terlebih dahulu kepada dinas pasar . Konsultan yang biasa dipakai yaitu biasa notaris.
|
Terimakasih
BalasHapusMantap mase
BalasHapus